Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) mencakup dua aspek,
yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi.
Teknologi Informasi adalah meliputi segala hal yang berkaitan
dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan
informasi
Teknologi Komunikasi adalah segala hal yang berkaitan dengan
penggunaan alat bantuuntuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang
satu ke lainnya.
Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi adalah suatu
padanan yang tidak terpisahkan yang mengandung pengertian luas tentang segala
kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, dan
transfer/pemindahan informasi antar media
Contoh teknologi informasi :
-
Computer
Contoh teknologi komunikasi :
-
Surat kabar
-
Radio
-
Telepon
-
Televise
Alat
pengolah data dari sejak zaman purba sampai saat ini digolongkan ke dalam 4
golongan besar :
Peralatan Manual
→ Peralatan pengolah data yang
sangat sederhana, dan faktor terpenting dalam pemakaian alat adalah menggunakan
tenaga tangan manusia
Peralatan Mekanik
→ Peralatan yang sudah berbentuk
mekanik yang digerakkan dengan tangan secara menual
Peralatan Mekanik Elektronik
→ Peralatan mekanik yang digerakkan secara
otomatis oleh motor elektronik
Peralatan Elektronik
→ Peralatan yang bekerjanya secara
elektronik penuh
Beberapa
peralatan yang telah digunakan sebagai alat hitung sebelum ditemukannya
komputer :
1. Abacus
Muncul sekitar 5000 tahun yang lalu di Asia kecil dan masih
digunakan di beberpa tempat hingga saat ini, dapat dianggap sebagai awal mula
mesin komputasi. Alat ini memungkinkan penggunanya untuk melakukan perhitungan
menggunakan biji – bijian geser yang diatur pada sebuah rak. Para pedagang pada
masa itu menggunakan abacus untuk menghitung transaksi perdagangan. Seiring
dengan munculnya pensil dan kertas, terutama di Eropa, abacus kehilangan
popularitasnya.
2. Kakulator Roda
Numeric
Pada tahun 1642, Blaise Pascal (1623-1662), yang pada waktu itu
berumur 18 tahun, menemukan apa yang ia sebut sebagai kalkulator roda numerik
(numerical wheel calculator) untuk membantu ayahnya melakukan perhitungan
pajak. Kotak persegi kuningan ini yang dinamakan Pascaline, menggunakan delapan
roda putar bergerigi untuk menjumlahkan bilangan hingga delapan digit. Alat ini
merupakan alat penghitung bilangan berbasis sepuluh. Kelemahan alat ini adalah
hanya terbatas untuk melakukan penjumlahan.
3. Kalkulator
Roda Numeric 2
Tahun 1694, seorang matematikawan dan filsuf Jerman, Gottfred
Wilhem von Leibniz (1646-1716) memperbaiki Pascaline dengan membuat mesin yang
dapat mengalikan. Sama seperti pendahulunya, alat mekanik ini bekerja dengan
menggunakan roda-roda gerigi. Dengan mempelajari catatan dan gambar-gambar yang
dibuat oleh Pascal, Leibniz dapat menyempurnakan alatnya. Barulah pada tahun
1820, kalkulator mekanik mulai populer.
4. Kalkulator
Mekanik
Charles Xavier Thomas de Colmar menemukan mesin yang dapat
melakukan empat fungsi aritmatik dasar. Kalkulator mekanik Colmar, arithometer,
mempresentasikan pendekatan yang lebih praktis dalam kalkulasi karena alat
tersebut dapat melakukan penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian.
Dengan kemampuannya, arithometer banyak dipergunakan hingga masa Perang Dunia
I. Bersama-sama dengan Pascal dan Leibniz, Colmar membantu membangun era
komputasi mekanik.
Perkembangan komputer berdasarkan genersi :
1) Komputer
generasi pertama ( 1940 – 1959 )
Ciri :
Menggunakan tabung hampa pd sirkuitnya
Program hanya dibuat dengan bahasa mesin
Ukuran fisik sangat besar dan memerlukan tempat luas
Capat panas, perlu mesin pendingin
Proses lambat
Kapasitas sedikit
Butuh data listrik besar
Aplikasi terbatas
Contoh : ENIAC, Hardvard Mark II, IBM Selective Electronic
Calculator, EDSAC, Hardvard Mark III, ACE, SEC, UNIVAC
2) Komputer
generasi kedua ( 1959 – 1964 )
Ciri:
Menggunakan trasnsistor pada sirkuitnya
Ukuran fisik lebih kecil
Menggukana program bahasa tingkat tinggi :
FORTRON, COBOL, ALGOL
Kapasitsa memori cukup besar
Menggukana simpanan luar magnetic disMempunyai
kemampuan realtime dan time sharing
Proses operasi lebih cepat
Membutuhkan daya lebih kecil
Aplikasi lebih luas
Contoh: PDP-1, PDP-8, UNIVAC III, UNIVAC SS80, UNIVAC 1107,
Burroghts 200, IBM 7070, IBM 7080, IBM 1400
3) Komputer
generasi ketiga ( 1964 – awal 80-an )
Ciri :
Menggunakan IC ( Integrated Circuit)
Peningkatan software
Proses pengolahan data lebih cepat dan akurat
Mempunyai kapasitas memory lebih besar
Menggunakan penyimpan luar
Daya listrik lebih hemat
Menggunakan multi processing
Menggunakan visual display terminal, mampu
menampilkan gambar dan grafik
Harga murah
Dapat berkomunikasi antar komputer
Contoh : IBM s/360, NOVA, UNIVAC 1108, UNIVA 9000, NCR, GE 600.
GE 235, CDC 3000, CDC 6000
4) Komputer
generasi keempat ( awal 80-an – sekarang )
Ciri :
Berukuran lebih kecil
Harga relative murah
Mecul PC (personal computer)
Terdapat aplikasi yang semakin lengkap
Menggunakan VLSIC (Very Large Scale Integrated
Circuit)
Menggunakan chip yang bernama microprocessor
Contoh : mikro altari MITS, Cray-I, Apple II, Radio Shack,
Commodore, Desktop computer Xerox, IBM PC/XT, IBM PC/AT, Machintosh, IBM PS/2,
IBM PC/386, IBM PC/486, Pentium, AMD KD 36
5) Komputer
generasi kelima ( computer masa depan )
Dalam pengembangan oleh Negara Jepang
Mengunakan VLSI (Very Large Scale Interation)
PEMANFAATAN
TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
Contoh
penerapan dibidang :
Perusahaan
: ERP (Enterprise Resource Planning)
Bisnis :
E-Commerce
Perbankan :
E-Banking
Pendidikan
: E-Learning
Kesehatan :
Smart Card
DAMPAK PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI
DAN KOMUNIKASI
Cybercrime : kejahantan atau tindakana yang melawan hokum yang
dilakukan oleh seseorang dengan mengguanakan sarana computer
Aktivitas kejahatan dalam jaringan internet :
Hacking : usaha memasuki sebuah jaringan dengan maksud
mengekploitasi stau mencari kelemahan system jaringan
Cracking : usaha memasuki secara illegal sebuah jaringan dengan
maksud mencari, mengubah atau menghacurkan file atau data yang disimpan dalam
computer pada suatu jaringan
MENGAKTIFKAN
DAN MEMATIKAN KOMPUTER
Prosedur
yang benar menghidupkan computer
1. Menyalakan
stabilizer
2. Menyalakan
power pada Chassing / CPU
3. Menyalakan
power pada monitor
4. Menunggu
computer loading system operasi (missal Windows)
5. Tunggu
beberapa saat sampai keluar tampilan desktop di monitor
Prosedur
yang benar mematikan computer
1. Klik
tombol start
2. Pilih
shut down atau turn off
3. Klik
OK
4. Tunggu
beberapa saat sampai computer mati
5. Matikan
tombol off pada monitor dan stabilizer
PERANGKAT KERAS KOMPUTER
Perangkat
keras dibangi menjadi
1. Perangkat
masukan (input device)
a. Keyboard
b. Mouse
c. Joystick
d. Scanner
e. Digital
camera
f. Microphone
g. Webcam
2. Perangkat
proses (process device)
a. Motherboard
/ Mainboard
b. CPU /
Microprocessor : ALU: aritmetic logical unit, CU:control unit, MU:memory unit
3. Perangkat
simpan (storage device)
a. Primary
storage : ROM, RAM
b. Secondary
storage : harddisk, disket, UFD, CD/DVD
4. Perangkat
keluaran (output device)
a. Monitor
b. Printer
5. Perangkat
tambahan (peripheral) : TV turner, card reader, modem
PERANGKAT
LUNAK
Penggolongan perangkat lunak
1. Sistem
Operasi
a. Basis teks
(CLI: Command Line Interface) : MS-DOS, UNIX
b. Basis
grafis (GUI:Graphic Unit Interface) : Microsoft Windows, macintosh, Linux
2. Program
Utility
a. File Viewer
: ACDSee, Adobe Reader
b. Sytem
Utulity : program Scandisk, hardware monitor, file compression, security
program (antivirus, anti spyware, firewall, password generator)
3. Bahasa
Pemprograman : FORTRAN, COBOL. PASCAL, BASIC, C++, dsb…
4. Program Aplikasi
a. Program
pengolah kata
b. Program
pengolah angka
c. Program
presentasi
d. Program
multimedia Materi Kelas 8 https://annasaphiraa.blogspot.com/2019/03/ringkasan-materi-tik-kelas-8.html
Materi Kelas 9 https://annasaphiraa.blogspot.com/2019/03/ringkasan-materi-tik-kelas-9.html
Sumber http://pujiputrirahayu9a.blogspot.com/2013/02/ringkasan-materi-tik-kelas-7-8-9-smp.html
Sumber http://pujiputrirahayu9a.blogspot.com/2013/02/ringkasan-materi-tik-kelas-7-8-9-smp.html
No comments:
Post a Comment